Wednesday, July 21, 2010

Galangan Kapal China

Saya kutip artikel di bawah ini dari 
Indonesia Maritime Club
Galangan Kapal Cina mendapat pesanan pembangunan kapal khusus
Tuesday, Jul 13, 2010
Perjanjian pembangunan kapal baru antara A2SEA ( anak perusahaan Dong Energy A/S/) dan perusahaan Galangan Kapal Cina, COSCO Group Co., Ltd telah ditanda tangani. Kapal baru ini adalah kapal khusus untuk pembangunan Menara Angin Tenaga Listrik dilepas pantai. Kontrak yang dikantongi Perusahaan Galangan Kapal Cina ini berharga sejumlah USD 139 Juta. Anak perusahaan Dong Energy S/A ini adalah perusahaan yang menjadi pelopor dalam pembangunan Tenaga Listrik Menara Angin Lepas Pantai.
Kapal baru ini direncanakan akan selesai pembangunannya pada pertenganhan tahun 2012 dan akan diberi nama ‘Sea Installer”
Kapal khusus ini akan dilengkapi dengan dongkrak hydrolis ( jack-up vessel) dilautan engan kedalaman sampai 45 meter. Direncanakan kapal ini akan beroperasi di lepas pantai Inggris maupun dipantai-pantai negara lainnya diseluruh dunia.
Frderik Hansen, CEO dari A2SEA, mengatakan bahwa dengan bertambahnya proyek Pengadaan Tenaga listrik dengan memakai Menara Angin lepas pantai,keberadaan kapal “SEA INSTALLER” yang diperlengkapi dengan alat-alat yang serba baru dapat memenuhi kebutuhan para langganan dimasa depan dan diharapkan akan tetap menjadi perusahaan utama dalam usaha-usaha pembangunan Menara Angin Tenaga Listrik Lepas Pantai didunia.\
Kapal jenis ini akan menekan jangka waktu pembangunan Menara Angin Tenaga Listrik Lepas Pantai. Penekanan jangka waktu ini adalah merupakan faktor utama dalam usaha untuk menekan ongkos semurah mungkin dalam pembanguan Menara Angin Tenaga Listrik Lepas Pantai. Dalam rancangan dini SEA INSTALLER ini, direncanakan untuk dapat mengangkut paing sedikit 8 (delapan) sampai 10 (sepuluh) Menara Angin Tenaga Listrik Lepas Pantai komplit dengan turbine dan generator pembangkit tenaga listriknya. Kemampuan mengangkut lebih banyak peralatan Menara Angin Tenaga Listrik Lepas Pantai ini dalam satu pelayaran, merupakan suatu hal mustahil dalam waktu sekarang ini.
Keterangan diatas, merupakan suatu hal yang dapat dikatakan membuka “pintu” baru dalam usaha Pemerintah R.I. dalam pengadaan Tenaga Listrik Nasional. Diluar Pulau-pulau besar sperti Sumatra, Kalimantan Jawa, Sulawesi dan Papua, pengadaan tenaga listrik dilepas pantai apakah dengan tenaga angin atau tenaga air laut sewaktu pasang surut maupun “arus laut” yang selalu mengarah kesatu jurusan, misalnya Selat Bali, sudah waktunya untuk diraih hasilnya. Pengadaan tenaga listrik dengan angin dipantai lepas dan arus laut merupakan tenaga yang tak akan habis-habisnya dibandingkan dengan batubara atau minyak.
Juga tidak perlu mengadakan “research” yang mendalam seperti dalam hal Pengadaan Tenaga Listrik Nuklir. Juga menghindari hal-hal yang tak perlu seperti “syak wasangka” dunia Barat seperti halnya pengadaan tenaga listrik nuklir di Iran.
Dengan mengembangkan dan memeperdayakan tenaga yang tersedia di lepas pantai ini, menghemat persediaan batubara dan minyak. Dan seandainya usaha pembangunan Menara Angin Lepas Pantai ini dikaitkan dengan pembangunan “kodominium rumah ikan” akan membawa suatu jalan dalam menuju kemakmuran Negara dan Bangsa. .
Facts about SEA INSTALLER: .
· Length: 132 metres .
· Breadth: 39 metres .
· Draft: 5.8 metres .
· Speed: 12 knots .
· Crane capacity: 900 tons .
· Loading area: 3200 sqm. .
· Loading capacity: 5000 tons .
· Able to jack-up at water depths of up to 45 metres .
· Capable of carrying eight to ten offshore wind turbines (Towers, nacelles and blades) .
· Able to carry up 60 people (crew and installation personnel).
Dikutip dan diterjemahkan bebas dari Ship Building News July 13,2010




Berita baik:




Setelah memakan waktu kurang lebih 3,5 bulan akhirnya Kapal Spirit of Majapahit telah selesai di rekonstruksi. Rekonstruksi ini memakan bahan kayu kurang lebih 27 meter kubik dan dibangun oleh para pendekar Pantai Sloppeng Sumenep, madura. Menggunakan kayu jati yang hanya ada di negara tropis kapal spirit of majapahit semakin kokoh kekuatannya. Peluncuran kapal telah dilakukan pada tanggal 24 juni 2010 disaksikan sekitar 500 orang pengunjung yang memadati Pantai Sloppeng, Sumenep sejak jam 09.00 pagi. Ditarik oleh 150 orang sampai pukul 14.00 WIb kapal belum beranjak dari tempatnya. Informasi lebih lengkap kunjungi web site Ekspedisi Kapal Spirit of Majapahit
www.spiritmajapahit.com
Anwari Doel Arnowo - Toronto - 21 Juli, 2010




No comments:

Post a Comment