Saturday, April 3, 2010

Kapal ini di design oleh para ahli SWISS, yang tidak punya laut. Dibuat di Jerman



SOLAR CATAMARAN PERTAMA DI DUNIA




Turanor,Kapal Bertenaga Matahari Pertama di Dunia
Sunday, 04 April 2010
KIEL (SI) – Industri perkapalan Jerman baru saja memperkenalkan produk mutakhir,Turanor.Kapal ini disebut-sebut sebagai kapal bertenaga matahari pertama dan terbesar di dunia.


Siapa pun pasti menyebut kapal ini istimewa karena berbeda dari kapal-kapal yang pernah diciptakan manusia.Kapal ini berukuran besar dan tipis untuk ukuran sebuah kendaraan air. Turanor memiliki luas 5.400 kaki persegi. Nama Turanor diambil dari istilah yang diciptakan novelis JRR Tolkein. Dalam novelnya, Lord of the Rings,Tolkein kerap menyebut Turanor.Dia mengartikan Turanor sebagai “kekuatan matahari”. Rabu (31/3) lalu,Turanor diterjunkan ke atas permukaan air untuk pertama kali di pantai utara Kiel, Jerman. Nakhoda yang mendapat kehormatan menguji coba adalah Raphael Domjan.

“Ini adalah saat yang membahagiakan untuk saya,” paparnya. Sebagai nakhoda,Domjan adalah orang penting yang berada di balik kesuksesan Turanor.Dia pun sudah tidak sabar lagi menantikan momen peluncuran Turanor.“Saya tidak sabar menakhodai Turanor,” katanya. Kapal megah dan mutakhir ini adalah bukti kualitas kerja arsitek Swiss selama enam tahun terakhir. Kapal mutakhir ini belum diluncurkan secara resmi karena momen yang terjadi Rabu lalu adalah uji coba awal terhadap kemampuan dan ketangguhan Turanor. Pemilik kapal, Immo Stroher, tidak bisa menutup rasa bangganya terhadap Turanor. “Kita berhasil.Turanor benar-benar berlayar,” katanya seraya menghapus air mata. Tentu bukan air mata kesedihan, melainkan air mata bahagia.

Pada momen bersejarah itu Stroher tidak datang sendirian. Dia mengajak keluarga besarnya untuk menyaksikan kehebatan Turanor. Cucu perempuan Stroher tampak antusias menyaksikan uji coba pertama Turanor. Dia membuka botol sampanye, kemudian mengajak semua tamu untuk bersulang. “Semoga Anda selalu memperoleh air di bawah haluan dan matahari yang cukup di atas dek kapal Anda,” katanya. Turanor didesain sanggup melaju hingga kecepatan 7,5 knot, atau setara dengan kecepatan ratarata kapal tanker minyak. Konstruksi Turanor dibuat dengan gaya katamaran. Kapal ini membuktikan sinar matahari merupakan sumber tenaga yang aman dan berkualitas baik. Rencananya, kapal raksasa ini resmi diluncurkan April 2011.

Jika tidak ada aral melintang, Turanor akan mengelilingi dunia. Awalnya Turanor akan melintasi Samudra Atlantik, singgah sebentar di New York dan San Fransisco, kemudian melanjutkan perjalanan ke Australia dan Arab Saudi. Turanor akan berlabuh selama beberapa waktu di pelabuhan Arab Saudi, sebelum akhirnya berlayar pulang ke Jerman. Domjan berharap, perjalanan Turanor sesuai dengan estimasi waktu yang sudah disusun bersama. “Pelayaran pertama akan berlangsung selama 140 hari,” kata sang nakhoda Turanor.Menurut Domjan, Turanor adalah simbol daya guna energi matahari di masa mendatang.“ Semoga semua setuju dengan pemikiran saya,”paparnya. Rancangan Turanor dirilis pertama kali pada 2004.

Setelah rancangannya disetujui, para arsitek PlanetSolar SA lekas bekerja.Mereka membentuk tim khusus yang terdiri dari arsitek dan teknisi unggul. Setahun lalu potongan badan Turanor dibawa ke galangan kapal Knierim Yachtbau. Turanor sudah pasti menjadi kebanggaan Jerman. Pemerintah mengaku senang dengan kinerja PlanetSolar SA dan hasil akhir Turanor.“ Belum pernah ada kapal seperti ini,” tutur perwakilan Asosiasi Kapal Jerman, Claus Ehlert- Meyer, kepada media massa.

Ehlert-Meyer pantas bangga, sebab Turanor diciptakan dengan dukungan teknologi mutakhir. “Kami mendayagunakan teknologi yang baru. Turanor dibangun dengan gaya konstruksi terbaru,” paparnya. (Guardian/The China Post/ anastasia ika)



World's largest solar yacht unveiled
By Rachael Brown in London
Posted Fri Apr 2, 2010 8:04am AEDT
The world's largest solar yacht has been launched in northern Germany, ahead of its round the world attempt.
The Turanor takes its name from the Elvish language of JRR Tolkien's Lord of the Rings, and means "power of the sun".
Launched from Germany's northern port of Kiel, the yacht is set to sail around the world, powered by its 500 square meters of solar panels.
Its Swiss skipper Raphael Domjan says he hopes to deliver the message that a cleaner planet is possible.
He hopes to complete the trip in 160 days, via a route specially chosen to capitalise on the sun.
Without sunshine, the Turanor can still travel for three days on stored energy.


Solarkatamaran Turanor fertggestelltSolarkatamaran Turanor fertggestellt
Solarkatamaran Turanor fertggestellt
Heute, nach einer Bauzeit von gut 14 Monaten, ist ein ganz besonderes Schiff vom Stapel gelaufen. Die Rede ist von dem Solar-Katamaran “Turanor”, der im Jahr 2011 die Welt umrunden soll und das ohne auf konventionelle Energieträger zurückzugreifen.
Das Schiff wurde in Kiel von Howaldtswerke-Deutsche-Werf gefertigt und bedient sich der Solarenergie, um seine 4 Elektromotoren anzutreiben. Der Katamaran misst immerhin 31 Meter und ist Solarmodulen ausgestattet, die mit 500 Quadratmetern Gesamtfläche fast das ganze Schiff bedecken. Das Schiff wird von drei Männern bedient und soll bei einer durchschnittlichen Geschwindigkeit von 8 Knoten in 140 Seetagen die Welt umrunden.
Die 4 Motoren der Turanor leisten insgesamt rund 250 PS. Damit der Katamaran auch bei Nacht und schlechter Witterung fahren kann, sorgt eine 12 Tonnen schwere Batterie-Anlage dafür, dass bis zu 1,3 Megawattstunden Energie gespeichert werden können.
Die ganze Aktion ist in erster Linie als Promo für die erneuerbaren Gedacht und wird von den Medien genau beobachtet. Ein Erfolg der Aktion hätte sicherlich einen positiven Effekt auf das Image der erneuerbaren Energien.
Neu ist die Idee nicht. Bevor Motoren erfunden wurden, machte sich der Mensch bereits die Windenergie als Antriebskraft für Schiffe zu nutzen.
Author

Go to fullsize image

No comments:

Post a Comment